Pengen Ambil Cicilan 0% di Lazada? Begini Cara Baru yang Mudah

Rata-rata e-commerce di masa sekarang, biasanya udah punya tiga jenis cicilan pada platformnya yang bisa dipilih olen konsumen. Yang pertama adalah cicilan dengan kartu kredit bank. Yang kedua adalah cicilan dengan layanan cicilan tanpa kartu kredit dari fintech seperti Kredivo. Dan yang ketiga, cicilan dengan akses pay later yang ditawarkan masing-masing e-commerce. 

Nah, di Lazada, ketiga jenis cicilan tersebut udah tersedia nih. Jadi, kalo kamu lagi pengen ambil cicilan Lazada karena barang incaranmu ada di sana, maka kamu bisa coba sekarang. Buat yang nggak punya kartu kredit, kamu masih punya dua opsi lainnya yaitu dengan Kredivo atau LazPaylater. Yang pasti, dua opsi ini nggak kalah mudahnya dengan cicilan pakai kartu kredit. 

Tapi, kalo pengennya ambil cicilan 0% di Lazada, gimana?

 

Opsi cicilan 0% di Lazada: bisa pakai kartu kredit atau tanpa kartu kredit

Secara umum, Lazada memiliki dua program cicilan 0%. Yang pertama pastinya pakai kartu kredit bank. Ada BCA, BNI, Mandiri, CIMB NIaga, BRI, Citi, Bank Danamon, Permata Bank, HSBC, Maybank, UOB, Bukopin, dan masih banyak lagi. Tenor yang tersedia untuk cicilan 0% jika menggunakan bank-bank tersebut adalah 3 bulan, 6 bulan, dan maksimal 12 bulan. 

Selain dengan kartu kredit bank, ada juga cicilan 0% dari Kredivo yang bisa kamu gunakan di Lazada. Cicilan 0% dari Kredivo ini berlaku untuk tenor 3 bulan. Tanpa uang muka. Minimum pembelanjaan yang harus dipenuhi hanya Rp 500 ribu. Ada juga opsi cicilan dengan tenor lebih panjang yaitu 6-12 bulan. Bunga dari Kredivo buat cicilan ini cuma 2,6% per bulannya, dengan minimum belanja yang sama dengan cicilan 0%. 

Untuk LazPaylater, sejauh ini belum ada informasi spesifik terkait cicilan 0%. Hanya aja, pengguna terpilih dari Lazada bisa mengajukan atau daftar langsung ke LazPaylater melalui akunnya. Kalo ada menu “Lazada Credit”, maka tinggal klik aja “Ajukan” untuk memproses pengajuan LazPaylater. 

 

Sebelum ambil cicilan 0%, daftar dan siapkan dulu fasilitas kreditnya

Nah, dari tiga pilihan di atas, mana yang paling sesuai dengan kondisi kamu?

Yang mana pun pilihannya, kamu wajib punya dan mempersiapkan fasilitas kredit tersebut sebelum ambil cicilan. Kalo minatnya pake kartu kredit bank, artinya kamu perlu daftar dan ajukan dulu kartu kredit ke bank terkait. 

Kalo minatnya pake Kredivo, kamu tinggal unduh aja aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Terus, pilih daftar sebagai akun atau pengguna Premium yang maksimal limitnya bisa sampai Rp 30 juta. Nggak kalah sama kartu kredit. 

Buat daftar akun Kredivo, kamu hanya perlu memenuhi tiga poin syarat: (1) Sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun; (2) Punya penghasilan minimal Rp 3 juta per bulannya; (3) Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

Proses approval cuma memakan waktu 1 x 24 jam sejak kamu mengirim atau submit pendaftaran. 

 

Daftar akun Lazada, pilih barang yang diinginkan, gunakan opsi cicilan 0% yang sudah tersedia

Kalo akses kreditnya udah punya, baru deh kamu bisa langsung ambil cicilan di Lazada. Yang pertama, jangan lupa untuk daftar akun Lazada dulu biar transaksinya lebih gampang dan historinya jelas. Setelah itu, cicilan 0% bisa digunakan dengan cara belanja seperti belanja online pada umumnya. 

Pilih barang yang kamu inginkan, lalu masukkan ke keranjang belanja. Habis itu, lanjutkan ke proses pembayaran. Nah, di halaman pembayaran inilah, kamu bisa langsung pilih metode cicilan mana yang mau dipakai?

Setelah memilih metode cicilannya, jangan lupa pilih juga tenornya yang sesuai dengan kemampuanmu atau program cicilan yang diambil. Contohnya, cicilan 0% dengan Kredivo saat ini terbatas untuk tenor 3 bulan. Tapi kalo mau ambil yang 6 bulan atau 12 bulan bisa juga dengan bunga 2,6% per bulan. 

Kemudian, perhatikan simulasi cicilannya baik-baik. Sebab, umumnya cicilan 0% memiliki syarat yang berbeda dengan cicilan bunga. Dua di antaranya adalah adanya biaya admin dan peraturan tidak boleh telat bayar. Biaya admin ini biasanya lebih besar sedikit dibanding biaya admin cicilan dengan bunga. Di Kredivo, biaya admin untuk cicilan 0% adalah 1% per bulannya dari harga barang yang dibeli. Kalo udah ambil cicilan 0%, kamu nggak boleh sekalipun telat bayar. 

Kalau telat, cicilan bakal kembali ke cicilan normal yang dikenakan bunga. Plus, kamu juga harus bayar bunga denda keterlambatannya. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.