Mending Pinjam di Kredivo atau Kredit Pintar? Ini Perbandingannya!

Lagi cari layanan pinjaman online cepat cair cukup KTP yang paling pas buatmu? Cara terbaik untuk menemukannya adalah dengan membandingkan beberapa aplikasi pinjaman online sebelum menggunakannya. 

Tapi, mungkin nggak semua orang punya waktu untuk riset atau membandingkan aplikasi fintech satu dengan yang lain. Ditambah lagi, jumlah aplikasi fintech yang legal ada ratusan. Nah, makin bingung kan harus kayak gimana milihnya?

Tips dari saya, kamu bisa cek ke google play store aplikasi fintech apa saja yang banyak didownload, punya rating, dan review yang cukup baik dari penggunanya. Dari sana, kamu bisa pilih 1 – 3 aplikasi untuk dibandingkan layanannya. Jadi lebih cepat dan mudah. 

Dua di antara aplikasi fintech dengan kriteria tersebut yang saya temuin ada Kredivo dan Kredit Pintar. Dalam artikel kali ini, yuk kita review dan bandingkan kedua aplikasi ini. Kira-kira mana ya yang terbaik?

Perbedaan Layanan Pinjaman di Kredivo vs Kredit Pintar

Di Kredivo, ada tiga layanan atau fasilitas kredit yang bisa kamu nikmati jika menjadi penggunanya. Ada pay later tanpa bunga untuk pembayaran dalam 30 hari. Ada cicilan tanpa DP bunga rendah yang bisa digunakan di 1000+ merchant rekanan Kredivo. Ada juga fasilitas pinjaman online cepat cair cukup KTP dengan plafon mulai dari 500 ribu sampai dengan puluhan juta. 

Sementara di Kredivo, layanan yang ditawarkan spesifik pada pinjaman uang berbasis online melalui aplikasi resminya. Dengan kata lain, Kredivo cocok digunakan jika kamu mencari fintech yang bisa jadi akses kredit sekaligus untuk bertransaksi di merchant. Sementara jika kamu hanya ingin mengajukan pinjaman online, kamu bisa memilih Kredivo atau Kredit Pintar yang memang layanannya spesifik untuk pinjaman. 

Perbedaan Limit, Suku Bunga, dan Tenor Pinjaman di Kredivo vs Kredit Pintar

Kredivo bisa memberikan limit maksimal sampai Rp 30 juta bagi pengguna dengan status akun Premium. Untuk fitur pinjaman tunai di aplikasi Kredivo, pengguna bisa mengajukan pinjaman mulai dari 500 ribu sampai dengan batas limit untuk tenor 6 bulan. 

Kebetulan, saya udah jadi pengguna Kredivo cukup lama dengan limit sekitar Rp 20 jutaan. Di aplikasi Kredivo saya, limit yang tersedia untuk tenor 6 bulan ada sekitar Rp 15 juta. Ini berarti, batas pinjaman yang bisa saya ajukan di Kredivo maksimal adalah Rp 15 juta.

Di Kredivo, tingkat suku bunga pinjamannya terbilang cukup bersahabat. Hanya 2,6% per bulan dengan pilihan tenor 1 bulan, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. Ada juga biaya admin sebesar 6% yang dibayar di awal dengan memotong pinjaman pokok. 

Sementara itu, Kredit Pintar menawarkan plafon atau limit pinjaman mulai dari 600 ribu sampai dengan Rp 20 juta. Biaya layanan awal akan dibebankan oleh Kredit Pintar sebesar 5% – 15% bergantung dengan jumlah pinjaman serta tenor yang diambil peminjam. Tenornya tersedia mulai 14 hari sampai dengan 12 bulan. Sementara suku bunganya berkisar mulai 0,19% per hari atau 5,7% per bulan. 

Perbedaan Simulasi Pinjaman di Kredivo vs Kredit Pintar

Sebagai pengguna Kredivo, saya udah pernah nyobain juga fitur pinjaman tunainya tapi dalam jumlah kecil. Karena butuhnya cuma Rp 1,5 juta, saya langsung coba ajuin di aplikasi Kredivo. Kebetulan, saya lagi nggak punya tagihan atau kredit berjalan lainnya di Kredivo makanya saya pede buat nyobain. 

Dengan jumlah pokok pinjaman Rp 2 juta di Kredivo, rincian pinjaman saya menjadi: 

  1. Pokok pinjaman Rp 2 juta. 
  2. Tenor yang saya pilih cicilan 3 bulan. 
  3. Biaya admin sebesar 6% atau Rp120.000. 
  4. Total pinjaman yang saya terima/masuk ke rekening sebesar Rp1.880.000.
  5. Angsuran per bulannya sebesar Rp718.670 sudah termasuk bunga 2,6%. 
  6. Total pengembalian Rp718.670 x 3 bulan adalah Rp2.156.010. 

Selesai pinjam, saya bisa liat rincian pinjaman beserta tanggal jatuh temponya tiap bulan di aplikasi Kredivo. Sekarang cicilannya udah lunas dan sejauh yang saya coba, nggak kendala apa pun dalam proses pinjaman hingga pembayaran pinjaman di Kredivo. Aman & praktis. 

Sementara itu, di laman Google Play Store Kredit Pintar, tertera juga sedikit simulasi pinjamannya, yaitu: untuk pinjaman sebesar Rp 2,3 juta selama 91 hari/3 bulan, total pengembaliannya menjadi Rp2.645.100. Rinciannya adalah Rp 2.300.000 + (Rp 2.300.000 x 0,165% (bunga) x tenor 91 hari)

Perbedaan Syarat Pengajuan Pinjaman di Kredivo vs Kredit Pintar

Terakhir, yang nggak kalah penting adalah syarat pengajuan pinjaman. Sebab, tanpa memenuhi syarat pengajuan maka pendaftaran atau pengajuan kita berpotensi besar untuk ditolak.

Kredivo memiliki tiga syarat yang harus dipenuhi untuk pendaftar: 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan tetap minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

Sama dengan Kredivo, Kredit Pintar juga memiliki tiga persyaratan bagi orang yang tertarik daftar atau pinjam dana, yaitu:

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 55 tahun. 
  2. Punya KTP dan rekening bank pribadi sesuai dengan nama di KTP. 
  3. Berdomisili di Indonesia. 

Jika sudah tahu mau pilih yang mana antara Kredivo atau Kredit Pintar, kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Lalu, daftar sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di aplikasi. 

Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *