Sholat Istikharah

Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Dhuha di Bulan Ramadan

Hidup di dunia ini merupakan sebuah pilihan. Pilihan antara jalan yang lurus (benar) dan jalan yang sesat, jalan yang baik dan jalan yang buruk. Pilihan antara yang bermanfaat dengan yang mudharat, yang membahagiakan dengan yang menyedihkan, dan berbagai pilihan lainnya. Bahkan kita juga akan dihadapkan dengan pilihan penting yang dapat menentukan masa depan kita sehingga dituntut untuk membuat suatu keputusan yang tepat dan terbaik.

Sebagai orang yang beragama, kita mengakui bahwa Allah adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui dan Maha Menguasai atas segala sesuatu. Baik sesuatu yang sudah terjadi, sedang terjadi, dan yang akan terjadi.

Sebaliknya, kita sebagai manusia merupakan makhluk yang sangat dhoif (lemah) yang tidak ada daya upaya. Sehingga sudah sepatutnya kita menyerahkan segala urusan kepada Sang Khalik dalam membuat pilihan yang terbaik menurut-Nya. Banyak manusia yang merasa sok pintar dengan membuat pilihannya berdasarkan kepintarannya yang terbatas, yang akhirnya banyak dari mereka yang menyesal dalam membuat pilihan tersebut.

Di dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 216 Allah Subhana Wa Ta’ala berfirman

Artinya : “Boleh jadi, kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah : 216).

Artinya, baik menurut kita belum tentu baik menurut pandangan Allah, sedangkan baik menurut Allah sudah pasti itulah yang terbaik bagi kita. Meskipun kebaikan itu tidak atau belum terlihat oleh kita. Lalu bagaimana cara mendapatkan petunjuk dari Allah agar bisa memilih atau mengambil keputusan yang tebaik?

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memilih suatu pilihan yang terbaik adalah dengan melaksanakan sholat istikharah. Dalam hal ini, Rasulullah bersabda :

“Jika salah seorang diantara kalian hendak melakukan sesuatu, hendaklah terlebih dahulu mengerjakan sholat dua rokaat (sholat istikharah) selain sholat fardhu lalu berdoa : ‘Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu…’

Waktu Sholat Istikharah

Shalat istikharah ini bisa dilakukan kapan saja, baik di siang hari maupun malam hari. Namun ada beberapa waktu yang dilarang untuk melakukan shalat, yaitu :

  • Mulai dari terbit fajar kedua hingga terbit matahari
  • Saat terbit matahari hingga matahari naik sepenggalah
  • Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong
  • Mulai dari Ashar hingga matahari terbenam
  • Ketika menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya

Tata Cara Sholat Istikharah

Rukun Rakaat Pertama

  1. Niat Sholat Istikharah

Adapun lafaz  niat sholat istikharah adalah sebagai berikut :

Usholli Sunnatal Istikhooroti Rok’ataini Lillahu Ta’aalaa.

Artinya : “Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rokaat karena Allah Ta’ala.”

  1. Takbiratul Ihram
  2. Doa Iftitah
  3. Membaca surat Al Fatihah
  4. Membaca surat dari Al Quran yang dihafal
  5. Ruku dengan tuma’ninah
  6. Itidal
  7. Sujud pertama
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Melakukan sujud kedua
  10. Berdiri lagi untuk melakukan rakaat kedua

Rukun Rakaat Pertama

  1. Membaca surat Al Fatihah
  2. Membaca surat dari Al Quran yang dihafal
  3. Ruku dengan tuma’ninah
  4. Itidal
  5. Melakukan sujud pertama
  6. Duduk diantara dua sujud
  7. Melakukan sujud kedua
  8. Duduk tahiyat akhir
  9. Mengucapkan salam

Jadi kalau anda ingin mendapatkan pilihan yang terbaik menurut pandangan Allah, maka sepatutnya anda melaksanakan sholat istkiharah terlebih dahulu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *