7 CARA UNTUK MENINGKATKA KINERJA LAPTOP AGAR TIDAK LEMOT

5 Alasan Laptop Lenovo ThinkPad Series Sangat Ideal untuk Bekerja 

Ketika kamu sedang menggunakan laptop, tiba-tiba kinerja laptop kurang maksimal atau ngelag pasti akan membuatmu kesal karena kamu sedang dikejar deadline atau urusan penting lainnya. jangan berfikir untuk menginstall ulang atau membawa ke tempat servis laptop karena bisa jadi ada beberapa hal secara non teknis yang terjadi pada laptop menjadi lemot. Nah untuk itu kami akan memberikan cara mempercepat kinerja laptop agar tidak lemot. Simak ulasannya dibawah ini !

  1. Hapus File di Recycle Bin

File sampah yang ada pada recycle bin bisa menjadi penyebab laptop kamu terasa berat. Maka dari itu kamu bisa mengecek file yang berada pada recycle bin. Hapus file pada menu recycle bin caranya yaitu kamu klik kanan pada ikon recycle bin lalu pilih empty recycle bin. Cara cepat jika kamu ingin menghapus langsung file tanpa masuk ke recycle bin yaitu klik file lalu tekan SHIFT+DEL, sehingga file tersebut terhapus dan tidak masuk ke dalam recycle bin. Gunakan juga aplikasi seperti CCleaner untuk menghapus file sementara yang terdapat pada browser.

  1. Perbesar kapasitas RAM dan Harddisk

Jika kamu menggunakan laptop dan sering membuka beberapa file dalam satu waktu maka akan menurunkan kinerja laptop, saran kami yaitu upgrade RAM agar mampu mempercepat kinerja laptop. Dan juga penyimpanan file pada hardisk mempengaruhi kinerja laptop. Jika penyimpanan pada hardisk terlalu penuh maka kinerja laptop menjadi lambat sehingga kamu harus mengupgrade kapasitas penyimpanan hardisk agar lebih luas.

  1. Minimalkan program yang berjalan pada Startup

Saat menghidupkan laptop, ada beberapa program yang telah di setting untuk running saat menyalakan laptop. Hal ini berpengaruh pada kinerja laptop sehingga terkadang laptop terasa lemot dan saat booting terasa lama. Oleh karena itu matikan program startup yang tidak digunakan dengan cara menekan tombol Win+R > ketik msconfig > pilih tab Startup kemudian uncheck program yang ingin dinonaktifkan.

  1. Uninstall program yang tidak penting

Menginstall program yang banyak juga membuat kinerja laptop sangat lambat. Maka dari itu kamu bisa menghapus atau uninstall program yang sudah kamu tidak gunakan lagi. caranya yaitu buka menu Start > Control Panel > Uninstall a program lalu pilih program yang hendak di uninstall. Ini juga berfungsi agar kapasitas penyimpanan hardisk kamu bertambah banyak.

  1. Install Antivirus

Virus pada laptop adalah masalah umum juga yang menjadikan laptop lemot atau berat. Maka dari itu wajib kamu menginstall antivirus untuk memblok virus agar tidak masuk kedalam laptop. Virus sering masuk melalui transfer data USB atau mengklik web yang mengandung spyware.

  1. Gunakan Disk Defragmenter

Fragmentasi pada data membuat drive bekerja lebih keras, hal tersebut tentu membuat performa laptop menurun. Maka dari itu kamu bisa melakukan cara disk defragmenter yang bertujuan untuk menyusun ulang data yang terfragmantasi. Caranya kamu tinggal klik kanan pada drive yang akan didefragmenter lalu pilih Properties kemudian pilih Defragment now pada tab tools.

  1. Gunakan Disk Cleanup

Selanjutnya yaitu bisa menggunakan Disk Cleanup. Tool bawaan windows ini sangat berguna untuk menghapus file sementara pada drive. Kamu bisa memilih drive mana yang ingin dibersihkan dari file yang menumpuk. Untuk menggunakan cara ini yaitu klik kanan drive yang ingin dibersihkan > pilih Properties kemudian pilih Disk Cleanup.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kinerja laptop agar tidak lemot. Selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *