Tips Tidak Keranjingan Belanja Online 

Product Image

Teknologi yang semakin canggih tidak hanya berguna dibidang sosial saja tetapi juga dibidang ekonomi. Untuk bertransaksi saja, seseorang hanya perlu menggunakan “One Click” saja. Yang menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia sekarang ini adalah kemudahan belanja online melalui internet. Ada banyak pilihan pasar online atau marketplace, dan juga berbagai macam produk yang dijual menjadi kemudahan tersendiri di dalam belanja jam tangan wanita online. Selain itu masih ada daya tarik lain dari belanja online ini bagi masyarakat Indonesia seperti kecepatan, efisiensi, dan juga kemudahan. 

Dengan hanya memanfaatkan koneksi internet, kamu tinggal mencari barang yang diperlukan, lalu melakukan pembayaran melalui aplikasi mobile banking, dan tinggal menunggu barang kamu pesan tiba di rumah. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus pusing pusing pergi ke pusat perbelanjaan dan bermacet macetan di jalan raya. Terlebih lagi yang menjadi nilai lebih dari belanja online ini adalah adanya promo gajian, potongan harga, cash back, hingga gratis ongkos kirim. 

Tetapi berbagai kemudahan yang ditawarkan kegiatan belanja online ini seringkali membuat banyak orang kecanduan, hingga tidak mampu mengendalikan nafsu konsumtifnya. Dan hasilnya kamu akan boros dan semakin membengkaknya pengeluaran. Selain itu juga akan semakin banyaknya barang yang sebenarnya tidak diperlukan tetapi kamu beli hanya karena berjudul “Diskon”. 

Supaya kamu tidak keranjingan belanja online, maka adanya beberapa tips yang bisa diikuti seperti :

  • Membedakan Antara Keinginan Dan Kebutuhan 

Ketika akan melakukan belanja online maka kamu harus mengetahui atau menyadari untuk memilah mana yang menjadi keinginan semata dan bukan kebutuhan yang diperlukan. Dengan  begitu maka nantinya kamu bisa mengendalikan diri didalam berbelanja online.

  • Membayar Tunai 

Sebaiknya kamu menggunakan metode pembayaran tunai, dan jangan membiasakan diri menggunakan kartu kredit, terlebih lagi berhutang. 

  • 10 Second Role

Cobalah kamu berhenti sejenak selama 10 detik saja, lalu tanyakan pada diri sendiri apakah barang yang akan dibeli itu benar benar dibutuhkan atau hanya karena keinginan semata. 

  • Membuat Wishlist 

Percaya atau tidak, cara seseorang dalam berbelanja bisa berubah setelah membuat wistlist. Dengan dibuatnya Wistlist ini maka akan membuat kamu lebih sadar akan keinginan ataupun kebutuhan kamu. 

  • Memiliki Shopping Account 

Cobalah kamu membuat satu rekening terpisah dari operasional rekening bulanan. Dengan begitu nantinya kamu bisa mengatur berapa alokasi yang disediakan untuk belanja online dan tidak akan mengganggu keuangan bulanan. 

  • Menunggu Adanya Diskon 

Supaya kegiatan online hemat, kamu juga harus rela dan sabar menunggu datangnya waktu diskon. Cobalah kamu download beberapa aplikasi platform jual beli online didalam smartphone milikmu dan berikan notifikasi. 

  • Rajin Melihat Promo Dan Mencari Voucher 

Hal yang paling mengasyikan ketika belanja online adalah bisa menemukan promosi dalam bentuk voucher, kode unik, ataupun potongan langsug dari mana saja. Untuk bisa berhemat ketika belanja online, maka kamu harus rajin mencari promosi tersebut. Promosi yang paling sering mereka lakukan adalah kerja sama dengan kartu kredit. 

Jika kamu salah seorang yang gemar belanja online dan sering terganggunya arus keuangan, maka tips belanja online hemat diatas patut dicoba. Jangan sampai untuk memenuhi hobi belanja online ini membuat keuangan kamu babak belur. Tips yang mudah dilakukan diatas pastinya dapat membantu kamu untuk bisa tetap belanja tanpa harus kehabisan uang. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *