RESEP AYAM GEPREK KRISPY SAMBAL IJO DAN CARA MEMBUATNYA

5 Resep Ayam Geprek yang Kekinian dan Gampang Buatnya!

Ayam geprek makanan yang sangat terkenal dengan rasanya yang pedas dan nikmat menjadi makanan yang banyak disukai orang. Ayam geprek termasuk salah satu makanan yang booming bagaimana tidak banyak sekali rumah makan dari yang besar hingga yang kecil menyajikan menu ayam geprek. Nama ayam geprek sendiri sesuai dengan namanya yaitu ayam yang di geprek dengan disajikan bersama sambal yang sangat menggoda. Ayam geprek memiliki banyak variasi dan kali ini kita akan membahas cara membuat ayam geprek krispy sambal in beserta resep ayam geprek, penasaran seperti apa? Berikut ulasannya.

Bahan-bahan/Resep:

-1/4 kg daging ayam, potong menjadi 4 bagian.
– 1/2 liter minyak goreng
– 3 biji bawang putih
– air
– kaldu bubuk, merica bubuk, garam

Bahan kering:
– 250 gram tepung terigu cakra
– 3 sdm tepung maizena
– 3 sdm tepung bumbu instan
– secukupnya Garam, baking powder
– kaldu bubuk, merica bubuk, cabai bubuk

Bahan basah:
– 200 ml air dingin

Bahan sambal:
– 15 biji cabai rawit hijau,
– 2 biji cabai hijau besar,
– 2 buah tomat hijau,
– 5 biji bawang merah
– secukupnya garam, gula pasir, kaldu bubuk

 

Cara pembuatan:

-Langkah pertama cuci ayam hingga bersih, lalu siapkan bumbu yang sudah dihaluskan dan rendam ayam selama 25 menit agar meredap.

-Siapkan baskom, lalu masukkan semua bahan kering dan aduk sampai merata, dan jangan lupa siapkan juga air di baskom yang lain.

-Masukkan ayam ke adonan kering, laku guling-gulingkan agar adonan merata tetapi jangan ditekan agar tepung tidak menggumpal.

-Kemudian rendam di air dingin cukup sebentar, lalu angkat dan pastikan saat diangkat air sudah jatuh dan adonan kering. Masukkan kembali ke dalam tepung dan diputar namun jangan terlalu di tekan supaya tepung menempel merata dan tidak menggumpal.

-Jika sudah lakukan cara yang sama dua kali yaitu masukan kembali ke air sebentar laku masukkan kembali ke dalam tepung dan diputar sampai adonan tepung menyelimuti ayam secara merata dan tekstur tepung pada ayam keriting.

-Kemudian siapkan alat penggorengan dan minyak, lalu panaskan dengan api kecil saat minyak sudah dirasa cukup panas masukkan ayam lalu goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Dan ingat cukup membolak-balik ayam sekali saja agar tekstur krispinya tidak rusak. Setelah matang angkat dan taruh di wadah lalu tiriskan.

-Membuat sambal ijo: Langkah pertama Cuci sampai bersih semua bahan sambal yang diperlukan, lalu ulek di cobek hingga bahan benar-benar halus. Jangan lupa siapkan minyak dan panaskan menggunakan aoi kecil.

-Jika sudah di ulek tumis sambal lalu masukkan garam, gula halus, kaldu bubuk sesuai selera, sambil mencicipi apakah bumbunya sudah pas.

-Terakhir geprek ayam lalu siram dengan sambal ijo tumis secara merata, lalu siap untuk disantap.

Nah itulah resep ayam geprek sambal ijo, cara di atas bisa dibilang hampir sama dengan cara pembuatan ayam geprek versi lainnya. Namun yang membedakan adalah sambal yang hijau dan bahan lainnya. Nah bagi kalian yang menyukai makanan pedas ayam geprek sambal ijo sangat lah cocok untuk memanjakan lidah anda. Nah itu saja informasi yang dapat disampaikan semoga dapat bermanfaat dan membantu kalian, jadi apakah kamu tertarik untuk membuatnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *