5 Hal yang Harus Dikuasai Sebelum Usiamu 30 Tahun

https://lh5.googleusercontent.com/hmaMa5vMlGMlJK45YKyN9hzlzMfca6t1NBT0e4J3H7UGfEhIMIUj-Qr97SySxcixTQ3YQJQEDjRlbII5jZYSz52sv5kmTSeAO4BTWO_8FMoy-qfHO8n8JXgJEvO_3Jr7q2gw7iBp

Dalam kehidupan pastilah kamu memiliki target dan tujuan entah itu jangka panjang maupun jangka pendek. Kadang dalam perjalanannya kita harus siap dalam kondisi darurat apalagi butuh dana cepat tanpa bergantung pada orang lain.

Usia 30 tahun adalah salah satu momen di mana kamu mulai menginjak dewasa. Usia yang sangat matang untuk berumah tangga bahkan bisa merdeka secara finansial jika mempersiapkan diri 10 atau 15 tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, minimal ada lima hal yang perlu kamu kuasai sebelum usia kamu beranjak 30 tahun seperti diulas berikut ini.

1. Memahami Cara Membuat Keputusan

Setiap hal yang dijalani pasti butuh keputusan yang tepat. Memilih salah satu di antara dua ternyata menjadi keputusan yang cukup berat. Apalagi jika berkaitan dengan karier masa depan.

Sebab itulah, kamu perlu belajar mengambil keputusan yang tepat sejak dini. Salah satu ciri orang sukses adalah mampu mengambil keputusan dengan tepat dan bertanggung jawab dengan keputusannya itu sendiri.

2. Belajar Bagaimana Bangkit dari Kegagalan

Banyak kisah inspiratif yang bangkit dari keterpurukan. Pengusaha sukses tidak langsung mendapatkan pundi-pundi uang dalam semalam. Semua dibangun dengan keringat dan jerih payah yang berat.

Mereka semua bangkit dari kegagalan yang berulang. Salah satu hal yang perlu kamu pelajari adalah mental juang yang tak kenal lelah dan tak kenal patah arang. Orang-orang sukses selalu yakin dengan dirinya sendiri.

3. Memahami Berkomunikasi

Menjadi atasan apalagi bawahan dalam sebuah perusahaan dibutuhkan komunikasi yang baik. Termasuk dalam hubungan keluarga perlu dibina komunikasi yang dapat dimengerti dan dipahami semua orang.

Kamu perlu belajar bagaimana menyampaikan gagasan, menegur tanpa menyakiti, mengajarkan tanpa menggurui. Keterampilan berkomunikasi menjadi penting di kala berhadapan dengan banyak orang. 

4. Membangun Jaringan Pertemanan

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Begitu pula dalam membina karier dan pekerjaan. Kita semua perlu membangun jejaring pertemanan. Tidak membatasi hanya pada satu golongan.

Ciri orang sukses adalah mampu beradaptasi di segala tempat dan kondisi, termasuk bisa menerima pemikiran orang secara terbuka dan belajar menghargai mereka. Cara ini sukses dilakukan untuk mendapatkan banyak jaringan. 

5. Kemandirian Finansial 

Kemandirian finansial bisa dilakukan di usia muda. Tidak sedikit remaja yang sudah punya usaha dan tak lagi bergantung pada orang tua.

Usia 30 tahun menjadi pembuktian bahwa kita bisa hidup dengan kaki sendiri. Bahkan bisa menjadi pemimpin sebuah perusahaan besar sebelum menginjak usia 30 tahun. Hal tersebut sangat mungkin dilakukan. 

Beberapa CEO startup di Indonesia mulai membangun bisnisnya sebelum usia mereka 30 tahun. Artinya potensi setiap orang tetap sama, dapat membangun karirnya masing-masing.

Mulailah dari hal paling kecil. Jika sudah memiliki target untuk mengembangkan bisnis kecil, jangan ragu mencari modal segera dan memulai apa yang sudah direncanakan.

Apalagi saat ini banyak perusahaan yang bisa memberikan dana cepat untuk modal usaha dan mengembangkannya. Salah satu layanan penyedia dana cepat yang dimaksud adalah Kredivo. Fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Kredivo memberikan pinjaman dana cepat sesuai dengan plafon yang dibutuhkan. Ada pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pinjaman mini cocok untuk usaha mikro dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp500 ribu sampai dengan Rp1juta.

Sedangkan pinjaman jumbo, jumlah pinjamannya mulai dari Rp1 juta hingga kredit limit yang tersisa. Jika sesuai dengan standar yang ditetapkan, kamu bisa mendapatkan kredit limit hingga Rp30 juta. Bunga pinjaman pun terjangkau hanya 2,95% aja per bulan dengan pilihan tenor 30 hari, 3 bulan dan 6 bulan.

Daftar sekarang lewat Aplikasi Kredivo yang dapat diunduh melalui Google Play Store maupun App Store. Persyaratan mudah, pendaftaran instan dan dapat dilakukan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *