Ini Dia Perkembangan Anak Kucing Dari Minggu Ke Minggunya

Dari lahir hingga penyapihan

Anak kucing baru lahir dalam keadaan yang tidak bisa melihat dan mendengar, anak kucing ini hanya mengandalkan indra penciumannya saja pada saat menyusu pada induknya. Anak kucing setiap 2 jam sekali akan menyusu dan waktu yang selebihnya itu hanya digunakan untuk tidur. Jika anak kucing ini kebutuhan nutrisinya tercukupi dari induknya maka tidak diperlukannya makanan tambahan. Usahakan untuk tidak sering memegangnya diawal awal usianya, kecuali pada saat saat diperlukan saja seperti misalnya pada saat akan membersihkan tempatnya dari kotoran.

Pada awal kelahirannya merupakan waktu yang paling mudah untuk melihat jenis kelamin anak kucing. Kucing jantan memiliki lobang kecil yang berada dibawah anusnya sehingga ketika ekornya kita angkat maka akan terlihatnya dua titik lubang, dimana dibagian atasnya itu lubang anus dan lobang kelamin dibagian bawahnya.

Pastinya kita ingin mengetahui pekembangan dan pertumbuhan anak kucing dari minggu ke minggunya. Berikut perkembangan anak kucing dari minggu minggunya diantaranya yaitu :

  1. Perkembangan Anak Kucing Minggu Kedua Hingga Ketiga Minggu

Anak kucing pada saat minggu kedua atau sekitar 8 hingga 11 minggu sudah mulai terbuka kelopak matanya, biasanya yang akan terbuka itu hanya satu mata dulu. Jika salah satu matanya lambat terbuka maka kemungkinannya pada kelopak matanya ada kotoran. Untuk menghilangkan kotoran pada matanya maka bisa dilakukan dengan cara menempelkan atau memijit mijitkan kasa yang sudah dibasahi dengan air hangat secara teratur sehari dua kali.

Tindakan ini memang tidak akan membuat mata terbuka secara langsung tetapi setidaknya bisa membuat kotoran melunak dan akan terbukanya kelopak mata. Kucing juga diusianya ini sudah bisa mendengar dan belajar berjalan meski masih terlihat sangat kikuk. Usahakan untuk memulai memegang anak kucing secara lembut dan membiasakannya untuk mulai bersosialisasi dengan manusia. Diusia ini induk kucing biasanya sudah memperbolehkan bayinya untuk dipegang. Dan sebaiknya diusia 3 minggu ini bayi kucing diberikan obat cacing.

  1. Perkembangan Anak Kucing Minggu Ketiga Hingga Keempat

Diusia ini anak kucing sudah mulai banyak bergerak, agar anak kucing ini tidak terjatuh atau tidak masuk kearea yang berbahaya maka sebaiknya dengan memasang pembatas. Anak kucing diusia yang seperti ini sudah bisa buang air kecil sendiri. Oleh sebab itulah letakkan litter box atau kotak kotoran pada tempat yang tidak terlalu tinggi sehingga bisa digunakan untuk mulai belajar.

Itulah perkembangan anak kucing dari minggu minggunya. Dengan telah mengetahui perkembangan anak kucing ini maka kita bisa mengetahui langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya untuk menunjang perkembangannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *