6 Tips Parenting agar Si Kecil Tidak Mudah Terkena Penyakit

Seorang Ibu tentunya ingin melihat buah hatinya selalu sehat karena kesehatan seorang anak akan menjadi kebahagiaan bagi orang tua. Oleh sebab itu, penting bagi orang tua mengetahui tips parenting agar si kecil tidak mudah terkena penyakit. Yuk, simak tipsnya di bawah ini.

  • Berikan ASI sampai Dua Tahun

Air Susu Ibu (ASI) merupakan instrumen terpenting dalam menjaga kesehatan si kecil. ASI mengandung laktosa, lemak, oligosakarida dan protein yang kesemuanya dapat  menambah daya imunitas anak terhadap berbagai penyakit. Pemberian ASI eksklusif kepada anak selama minimal 2 tahun akan menjaga anak senantiasa sehat di kemudian hari.

  • Jagalah Pola Makannya

Makanan adalah salah satu sumber penyakit yang paling umum. Menjaga pola makan bagi anak adalah mutlak jika ingin si kecil terus sehat. Pada bayi umur di bawah 2 tahun, jangan beri terlalu banyak makanan berserat karena akan menyebabkan sembelit. Namun sebaliknya, di atas 2 tahun, anak harus diberi makanan berserat yang terdapat pada sayuran dan buah.

Hindarkan buah hati Anda dari makanan instan seperti mie instan dan makanan ringan kemasan yang banyak dijual di minimarket. Makanan-makanan tersebut mengandung banyak kandungan berbahaya bagi anak seperti MSG dan pewarna makanan yang akan menghambat tumbuh kembang anak. Alangkah baiknya Anda dapat menyediakan makanan ringan buatan sendiri.

  • Lakukan Imunisasi

Di abad 21 ini, imunisasi pada anak adalah hal yang telah menjadi keharusan. Imunisasi atau vaksinasi adalah memberi vaksin untuk mencapai kekebalan dari beberapa penyakit tertentu. Vaksin yang tepat akan dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan seperti polio dan kolera. Pastikan anak Anda telah divaksin agar tidak menimbulkan kecemasan di kemudian hari.

  • Olahraga Bersama Buah Hati

Orang tua yang sadar akan pentingnya kesehatan akan selalu mengajak buah hatinya berolahraga. Olahraga yang singkat (┬▒ 30 menit) namun terus-menerus akan meningkatkan metabolisme tubuh. Hasilnya, buah hati akan kebal terhadap berbagai penyakit.

  • Hindarkan dari Asap Rokok dan Polusi Udara

Udara menjadi ancaman serius bagi anak karena sangat mudah tercemar. Pastikan udara di sekitar tempat anak Anda bermain bersih dari polusi udara seperti asap kendaraan. Pastikan juga anak Anda tidak terlalu dekat dengan asap rokok dari orang dewasa. Dengan pencegahan seperti itu, Anda telah menghindarkan anak Anda dari penyakit mematikan seperti asma dan kanker.

  • Sediakan Kotak P3K

Bagi Anda yang memiliki anak yang aktif bermain di luar, selalu sediakan kotak P3K yang berisi obat-obatan yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum diperiksa lebih lanjut. Obat-obatan yang perlu Anda siapkan antara lain: plester, obat antiseptik, obat-obatan ringan dan peralatan kesehatan seperti kapas, gunting dan termometer.

Itulah di atas tips parenting agar anak senantiasa terlindung dari penyakit. Pada dasarnya, peran orang tua dalam melindungi anak dari berbagai penyakit adalah vital. Semoga Anda terbantu dengan saran dari kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *