6 Makanan Khas Tangerang

Image result for reservasi.com Pecak Gabus

Sebagai negara kepulauan Indonesia memiliki kekayaan bukan hanya dari budayanya saja, tapi juga dari makanan khas nya masing-masing. Tak terkecuali makanan khas dari Tangerang yang notabene merupakan kota paling dekat dengan Jakarta.

Makanan khas Tangerang hampir tidak berbeda jauh dengan makanan khas suku Betawi di Jakarta. Namun ada beberapa irisan dan beberapa makanan khas yang memang juga tidak ditemukan di Jakarta.

Apa saja makanan khas Tangerang yang wajib kamu coba? Berikut adalah ulasannya.

  1. Laksa Tangerang

Makanan khas Tangerang yang satu ini memiliki bahan mie putih yang materialnya terbuat dari beras. Kuliner yang satu ini disebut dengan laksa dan sangat terkenal di seantero Tangerang.

Salah satu yang istimewa, laksa disajikan dengan kuah santan yang rasanya gurih dan lezat. Mie putih laksa lebih besar dibandingkan mie lainnya. Bedanya, mie laksa sedikit kaku dan lebih kasar dibandingkan. Namun kedua hal tersebut tidak mengurangi kenikmatannya.

Laksa disajikan dengan beberapa topping yang menarik seperti potongan daging sapi, telur ayam, kacang hijau, dan daun kucai yang benar-benar menggugah selera. Jika ingin mencicipi semua kuliner khas Tangerang tak ada salahnya menginap di Novotel Hotel Tangerang agar tidak repot dan kemalaman di jalan. Banyak kuliner khas Tangerang yang harus kamu coba.

  1. Nasi Bakar Sumsum

Kuliner yang satu ini memang boleh dibilang sebagai kuliner khas Tangerang yang cukup langka. Namanya adalah nasi bakar sumsum.

Menurut beberapa sumber dari warga makanan ini sudah berusia sangat tua. Kira-kira makanan ini sudah disajikan sejak tahun 1941. Nasi bakar sumsum biasanya disajikan pada saat makan siang. Nasinya dibungkus dengan daun pisang kemudian disajikan dengan beberapa potongan timun dan tomat. Untuk menambah kesegaran biasanya disajikan juga potongan jeruk nipis yang kemudian bisa ditaburkan ke atas nasi bakar sumsum.

Nasi bakar sumsum sangat disukai oleh pria dewasa, karena ini selamat juga dipercaya sebagai obat untuk meningkatkan vitalitas pria dewasa.

  1. Sayur Besan

    Tak salah jika sayur ini dinamakan dengan sayur besan. Makanan khas Tangerang ini termasuk makanan yang cukup langka karena hanya disajikan pada saat menjamu besan dalam acara pernikahan.

    Namun kau masih bisa bukan di beberapa tempat itu pun tidak mudah karena kamu harus memesannya terlebih dahulu sehingga tidak bisa dinikmati secara langsung.

    Sayur besan memiliki bahan-bahannya seperti telur, kentang, telur tebu, kemudian ditambahkan dengan ubi petai, kacang panjang, dan bumbu rempah-rempah lainnya.

  2. Garang Asem

    Makanan yang dibungkus dalam daun pisang ini merupakan makanan khas Tangerang yang disebut dengan garang asem. Rasanya memang tidak berbeda jauh dengan namanya, pasalnya bahan kuliner khas Tangerang ini memang diambil dari belimbing wuluh.
    Daerah Tangerang memang cukup banyak pohon belimbing wuluh yang kadang-kadang bisa sampai berjatuhan ke tanah. Agar tidak mubazir orang tua zaman dahulu kemudian mengolahnya menjadi garang asem. Rasanya menyegarkan hampir mirip dengan sayur asem.
    Perbedaannya garang asem tidak dimasak seperti sayur asem melainkan dikukus dengan menggunakan daun pisang. Isinya pun bukan bahan-bahan seperti daun melinjo atau labu melainkan daging ayam yang dipotong kecil-kecil, sedikit rasa pedas dan juga limpahan rasa asam yang menyegarkan dari belimbing wuluh.

  3. Pecak Gabus

Biasanya disajikan dalam bentuk ikan asin sebagai pendamping makanan khas Sunda Sayur asem, ayam goreng, tahu goreng, dan tempe goreng. Berbeda dengan makanan khas Tangerang, ikan gabus diolah menjadi pecak.

Pecak gabus adalah makanan khas Betawi juga sehingga makanan khas ini memang beririsan antara kuliner khas Betawi dengan kuliner khas Tangerang.

Pecak gabus menggunakan beberapa bumbu dasar seperti salam, jeruk, kunyit, jahe, lengkuas, asam jawa, cabe dan Bawang. Dengan beberapa rempah-rempah yang sangat kaya dengan rasa tersebut membuat sensasi bumbu rasanya sangat terasa dan meresap hingga ke seluruh tekstur daging ikan gabus.

  1. Dodol Cilenggang

Panganan dodol sangat terkenal berasal dari Garut Jawa Barat. Namun, jangan salah bahwa di daerah Tangerang pun, yakni di Cilenggang terdapat sebuah sentra penghasil makanan khas Tangerang yaitu dodol Cilenggang.

Makanan khas ini berbahan dasar ketan, biasanya dodol Cilenggang laris diborong warga Tangerang pada saat libur lebaran sebagai salah satu sajian untuk menjamu para tamu dan juga kerabat dari kampung halaman lainnya.

Memang bukan hanya milik kota Garut karena dodol pun juga termasuk salah satu kuliner yang berasal dari negeri Tiongkok. Di daerah di daerah Tangerang dodol pun sangat mudah didapatkan terutama pada saat perayaan hari-hari besar warga Tiongkok seperti Imlek. Dodol dianggap sebagai salah satu makanan keberuntungan.

Itulah 6 makanan khas Tangerang yang bisa kamu coba meskipun kini keberadaannya cukup langka. Jangan lupa mencari hotel murah online lewat Reservasi.com untuk mendapatkan promo harga terbaik. Siapa tahu kamu bisa menginap di salah satu hotel di Tangeran yang menyajikan salah satu kuliner langka Tangerang ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *