7 Keahlian yang Bisa Dimanfaatkan untuk Kerja Part Time

Bukan cuma iseng menghabiskan waktu, keahlian yang Anda punya juga bisa dimanfaatkan untuk kerja part time atau kerja paruh waktu dan menghasilkan uang tambahan. Di zaman serba praktis seperti sekarang ini, orang dituntut untuk memiliki keahlian agar dapat bersaing menambah pundi-pundi uang. Tidak ada larangan memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk melakukan kerja paruh waktu.

Keahlian dapat muncul dari hobi yang ditekuni. Keahlian juga dapat dipupuk dari sebuah keharusan saat mengerjakan pekerjaan utama. Berikut 7 keahlian yang dapat Anda salurkan untuk mengisi waktu luang yang menghasilkan uang.

  • Bahasa Asing

Anda bisa membuka jasa penerjemah atau mengajukan diri ke perusahaan-perusahaan sebagai penerjemah part time. Selain itu, Anda juga dapat menghasilkan uang dengan membuka les Bahasa Asing. Jadikan anak-anak tetangga sebagai sasaran pertama untuk menjadi murid di kelas Anda.

  • Seni

Keahlian di bidang seni ini sangat luas cakupannya, seperti seni suara, musik, lukis, dan gerak. Part time yang bisa dilakukan ialah dengan mengajukan diri Anda untuk menjadi penyanyi atau pemain musik di restoran atau kafe yang memiliki konsep live music. Buka jasa lukis wajah yang sekarang sedang hits. Gabung dengan sanggar tari komersial.

  • Fotografi

Era HP berkamera canggih membuat orang mendadak menjadi fotografer, tapi tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang ciamik. Anda yang memiliki keahlian di bidang ini dapat membuka jasa foto prewedding, wedding, dan sebagainya. Jadikan teman atau saudara sebagai ‘korban’ Anda untuk menambah ‘korban-korban’ lainnya yang ketagihan di foto oleh Anda.

  • Desain Grafis

Anda punya keahlian mengolah Photoshop, CorelDraw, atau software lainnya? Jangan tunda lagi untuk membuka jasa desain grafis. Seperti jasa membuat logo, desain undangan cetak maupun digital, jasa edit foto, dan lain-lain. Jual jasa Anda dengan memamerkan karya-karya Anda di media sosial.

  • Menulis

Keahlian menulis sedang digandrungi di era digital. Terbukti banyak portal berita online, kelas atau grup penulis online, dan semua hal yang berhubungan dengan tulis-menulis. Manfaatkan keahlian Anda ini untuk kerja paruh waktu dengan menjadi penulis freelance di portal-portal berita online yang kini banyak membuka peluang. Selain itu Anda juga dapat mengirimkan karya tulis ke media lokal yang memberi honor.

  • Membuat Program

Tidak banyak orang yang ahli membuat program. Kerja paruh waktu sebagai programmer akan menghasilkan uang yang sangat melimpah.  Tentunya ini tidak terjadi secara instan, butuh waktu dan perjuangan untuk menjadikan Anda seorang programmer sejati, layaknya Mark Zuckerberg pendiri facebook. Anda bisa memulainya dengan mengajukan diri ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan pemrograman.

  • Pendidikan

Kerja paruh waktu dengan memanfaatkan keahlian di bidang pendidikan tentu tidak asing lagi. Anda yang dikaruniai kecerdasan lebih, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai ladang penghasil uang dengan menjadi guru les privat. Tawarkan jasa Anda secara langsung ke orang tua siswa atau juga bisa ajukan diri ke lembaga resmi untuk menjadi guru les.

Jangan ragu untuk terus mengasah keahlian yang Anda miliki. Ini bekal untuk bersaing di dunia kerja, karena ijazah saja tidak cukup membuktikan Anda layak. Bermula dari memanfaatkannya untuk kerja part time, keahlian juga bisa menjadi pekerjaan utama untuk menghasilkan uang yang lebih dari dugaan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *