Modifikasi Box Tambahan Untuk Motor Menurut Hukum


Sepertinya memang kurang menarik bila melakukan modifikasi motor mio dengan cara menambahkan box pada bagian belakang. Apalagi kalau box yang ditambahkan terlalu kecil atau terlalu besar. Butuh kejelian dalam memilih boxyang tepat agar nilai ekstetika motor kesayangan kita tetap terjaga. Tapi sebelum terlalu jauh bicara soal nilai ekstetika yang hadior setelah pemasangan box dilakukan, kamu mesti perhatikan terlebih dahulu efek yang ditimbulkan dari pemasangan box kamu.

Apakah box yang kamu pasang sudah menjamin keselamatan dan keyamanan kamu saat berbedara atau belum. Itu yang wajib kamu perhatikan. Ukuranya bisa kamu ketahui dari aturan hukum yang mengatur soal pemasangan box. Meski tak banyak yang tahu, undang –undang lalu lintas no 22 tahun 2009 beserta aturan pelaksanaanya mengatur secara terperinci dan jelas mengenai pemasangan box. Sudah tahukah kamu?

Syarat Pemasangan Box pada Motor

Ada beberapa persyaratan yang wajib kamu penuhi bila ingin memodifikasi motor mio kamu dengan tambahan box. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Terkait dengan besar Box

Undang-undang secara jelas mengatur soal seberapa besar box yang bisa kamu pasang mulai dari lebar dan panjangnya. Jangan asal pasang saja. lebar sebuah box yang akan kamu pasang itu tidak boleh melebihi lebar terluar motor mio kamu. juga, perubahan panjang motor akibat penambahan box tidak boleh menyebabkan perubahan chasis motor. Sehingga tidak boleh disertai perubahan jarak sumbu dan konstruksi chassis

  1. Terkait dengan daya angkut

Jangan kamu kira bahwa kamu bebas memasang box ukuran berapapun. Motor itu punya batas daya angkut tersendiri. Maksimal daya angkut kendaraan bermotor roda dua adalah 250 kilo gram. Itupun dengan rincian 120 kilo gram untuk berat motor, 120 kilo gram untuk berat pengendara dan pembonceng, dan berat muatan hanya 10 kilo gram. Jadi kalau kamu memasang box, ukuran muatan box tidak lebih dari 10 kilo gram. Hal ini demi menjaga agar modifikasi motor mio kamu dengan box tidak lebih dari 250 kilo.

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin memasang box pada motor mio. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *