5 Hal Penting Sebelum Melakukan Renovasi Rumah


Memelihara rumah agar tetap nyaman dihuni merupakan salah satu keharusan supaya kita betah selamanya. Namun kerusakan di sudut-sudut rumah terkadang memang tidak dapat dihindari. Buruknya cuaca atau kualitas material dan faktor usia bisa jadi penyebabnya. Melakukan renovasi rumah adalah solusinya. Namun, benarkah biaya merenovasi rumah itu mahal?

Sebenarnya tidak juga asalkan kita mengetahui kiat untuk mensiasati tingginya kebutuhan ekonomi, renovasi rumah murah dapat dilakukan tanpa perlu pinjam kesana-sini. Malahan kita dapat melakukannya sendirian jika mau.

Perhatikan terlebih dulu hal-hal berikut sebelum Anda memutuskan untuk merenovasi rumah:

  1. Tentukan Titik Renovasi

Teliti setiap sudut rumah dan catat pada bagian-bagian mana saja yang memerlukan renovasi. Penting sekali memilih titik-titik renovasi untuk pedoman supaya kita tidak mengeluarkan banyak biaya untuk renovasi yang tidak begitu penting. Jadi utamakan titik-titik yang mengalami kerusakan saja.

  1. Tentukan Pos-Pos Pengeluaran

Buatlah pos-pos pengeluaran sesudah mencatat semua titik renovasi. Alangkah baiknya sejak jauh-jauh hari merenovasi rumah ini dipersiapkan secara matang supaya tidak pinjam kesana-sini atau mengajukan kredit tanpa jaminan. Usahakan desain, pilihan bahan/material serta proses pengerjaannya selalu berpegang pada budget yang telah disediakan.

  1. Survei

Lakukan survei ke toko-toko material atau bahan bangunan supaya dapat membandingkan harga pada satu toko dengan toko lainnya.

  1. Faktor Keselamatan

Walaupun bertujuan menghemat biaya, tapi faktor keselamatan penghuni rumah wajib diutamakan. Pilih bahan bangunan yang murah, tapi tetap berkualitas. Jangan asal murah saja.

  1. Jasa Pemborong atau Kontraktor

Anda dapat memilih menggunakan jasa pemborong maupun kontraktor bila renovasi yang akan dilaksanakan termasuk besar. Hal ini terkait dengan anggaran yang Anda sediakan. Pakailah jasa pemborong atau kontraktor yang benar-benar sudah berpengalaman dan memiliki reputasi baik.

Nah, merenovasi rumah ternyata tidak harus selalu dengan biaya yang mahal, bukan? Asal Anda tahu cara mengakalinya sehingga Anda tidak perlu repot-repot utang sana-utang sini atau mengajukan kredit tanpa agunan. Maka dari itu perlu sekali mempersiapkan anggaran sejak jauh-jauh hari. Andaikan saja Anda hanya sekedar telah jenuh dengan suasana rumah saat ini, maka Anda dapat merenovasinya secara sederhana dengan cara menggunakan beberapa barang di sekitar rumah, misalnya memanfaatkan limbah kayu, besi atau plastik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *