Cara Membuat Obat Mata Alami Untuk Mengatasi Iritasi Mata

Cara Membuat Obat Mata Alami Untuk Mengatasi Iritasi Mata

Iritasi mata adalah salah satu gangguan mata ringan akibat debu atau partikel kecil lain yang kebetulan menyelinap diantara mata dan kelopak mata. Penyebab lain dari iritasi mata merah antara lain softlens yang kotor, infeksi selaput mata atau adanya bulu mata rontok yang menyelip pada mata.

Iritasi mata akan mengakibatkan mata berwarna merah, timbulnya rasa perih pada mata (ngeres), dan keluarnya air mata dalam jumlah besar. Keluarnya air mata tersebut adalah salah satu cara alami mengataasi iritasi mata oleh tubuh kita. Namun, terkadang iritasi mata dapat terus mengganggu dan menimbulkan mata bengkak dan berair. Hal tersebut pasti mengganggu penampilan Anda yang sehat menarik.

Keadaan tersebut merupakan keadaan yang tidak nyaman karena mata akan terasa gatal. Cara mengatasi iritasi mata akibat softlens atau iritant lain dapat dilakukan dengan mencuci mata dengan obat pencuci mata komersial seperti obat pencuci mata rohto dan obat pencuci mata y rins.

Nah, jika Anda kebetulan kehabisan obat penyakit mata tersebut dalam kotak P3K Anda, Anda dapat membuat sendiri obat pencuci mata Anda dari beberapa buah dan tanaman obat. Dengan demikian, Anda dapat mengatasi iritasi mata secara alami dan menghilangkan mata merah dan ngeres yang mengganggu dengan bahan yang natural.

Membuat Obat Mata Alami Untuk Mengatasi Iritasi Mata

Cara membuat obat mata merah dan ngeres secara alami pada dasarnya adalah praktik kimia yang mudah. Anda akan mencampur bahan utama pembuatan obat mata dengan akuades, yang dapat Anda beli di apotik.
Kemudian campuran itu Anda ‘reaksikan’ sebentar pada suhu dingin sebelum menggunakan obat mata tersebut untuk meredakan sensasi gatal dan ngeres pada mata Anda.

Tapi perlu Kami ingatkan, bahwa obat mata alami buatan sendiri ini tidak menjamin kesembuhan secara instan. Anda harus tetap menghubungi dan memeriksakan mata Anda jika mata merah dan ngeres Anda tidak hilang dalam waktu dua hari.

Anda juga harus memastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan yang digunakan dalam tips ini. Untuk memastikan Anda tidak mengalami alergi, oleskan sedikit bahan pada kulit lengan bagian dalam yang telah digaruk sedikit. Jika tidak ada reaksi alergi setelah 30 menit hingga 1 jam, Anda dapat melanjutkan penggunaannya.
Okay, jika Anda telah siap, silahkan baca perlahan tips cara membuat obat cuci mata alami untuk mengatasi mata merah dan gatal!

Membuat Obat Mata dari Madu

Madu merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Berdasarkan situs panduan Kami, ternyata madu memiliki khasiat dan fungsi sebagai pencuci mata dan meredakan iritasi pada mata. Madu juga memiliki potensi antibakteri dan antimikrob hingga mikroorganisme patogen penyebab iritasi mata mati.
Pada situs tersebut, tidak jelas disebutkan jenis madu manakah yang memiliki khasiat lebih baik. Tapi, Kami sarankan Anda untuk memilih madu yang benar-benar murni dan ditangani secara higienis untuk memastikan keaslian, mutu dan kebersihan madu yang Anda gunakan.
Cara membuatnya adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan 5 tetes madu murni
  2. Larutkan madu tersebut pada ¼ gelas belimbing akuades hangat (suam-suam kuku)
  3. Campurkan sedikit garam (bahan ini opsional, Anda boleh mengabaikannya)
  4. Campurkan bahan-bahan tersebut dan biarkan hingga sedikit lebih dingin, segera gunakan dengan meneteskan obat mata madu tersebut secara perlahan pada mata yang merah, menggunakan pipet tetes bersih.

Menggunakan Susu ASI Sebagai Pereda Mata Merah

well,
Tips ini dapat Anda lakukan jika Anda kebetulan sedang menyusui. Karena susu ASI tidak selalu tersedia sebagaimana susu formula atau susu kental manis. Kandungan antibodi pada ASI dianggap mampu membunuh mikroorganisme patogen penyebab iritasi pada mata.

Jadi bagaimana cara menggunakan ASI sebagai obat mata untuk mengatasi mata merah?
Anda cukup meneteskan beberapa tetes ASI menggunakan sendok yang bersih pada mata Anda secara perlahan dan hati-hati hingga merata pada seluruh permukaan bola mata.
Lakukan selama beberapa hari hingga gejala iritasi pada mata hilang. Langsung hubungi dokter jika Anda belum sembuh setelah lebih dari dua hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *