Kumpulan Resep Sarapan Pagi nan Simpel dan Sehat untuk Anda yang Susah Bangun Pagi


Menyantap hidangan sarapan pagi merupakan salah satu tips menjaga hidup sehat agar Anda selalu tampil sehat menarik. Sarapan pagi sebelum memulai aktivitas juga terbukti secara observatif mampu membantu Anda bekerja lebih optimal dan mempertajam kemampuan otak Anda untuk berpikir. Namun, pasti ada diantara Anda yang susah bangun pagi dan sering lupa sarapan. Nah, oleh karena itu, Kami akan membagikan  kumpulan resep sarapan pagi nan sehat untuk Anda yang susah bangun pagi.

Anda tak perlu khawatir, karena resep ini adalah resep menu sarapan sederhana hingga dapat cepat tersaji meski Anda telat bangun! Bahan-bahan yang Kami pilih juga bahan-bahan makanan yang sehat dengan kalori rendah, hingga cocok bagi Anda yang mencari menu sarapan sehat dan praktis untuk diet.

Komponen Sarapan Sehat yang Ideal Menurut FDA (Foods and Drugs Association of USA)

Menu sarapan yang sehat adalah  menu yang disusun oleh komponen bahan makanan yang beragam hingga tubuh mendapatkan energi yang cukup serta gizi yang seimbang untuk memulai hari yang melelahkan.

Komponen yang wajib hadir dalam ransum hidangan sarapan pagi Anda antara lain:

  1. Buah dan sayur sebagai sumber vitamin, antioksidan, dan serat
  2. Biji-bijian berupa beras putih, beras merah, beras hitam dan jagung sebagai sumber energi siap pakai dan beberapa jenis vitamin dan mineral. Jagung khususnya memiliki banyak riboflavin dan betakaroten. Jika Anda suka, whole-grain seperti sereal dan tepung gandum utuh juga bisa jadi pilihan!
  3. Susu sebagai sumber protein, karbohidrat, mineral dan lemak
  4. Daging, ikan, maupun telur sebagai sumber protein, zat besi, dan lemak untuk memberi Anda energi dan membangun daya tahan tubuh
Mungkin Anda mengenal empat komponen tersebut sebagai ‘Empat sehat Lima sempurna’ yang telah dipopulerkan oleh departemen kesehatan RI baik di puskesmas-puskesmas atau diiklankan melalui layar kaca.

Sedangkan porsi yang harus Anda dapat dari komponen sarapan pagi sehat tersebut masing-masing adalah sebagai berikut:

  1. Buah dan Sayur disarankan sebanyak 4-5 porsi (buah) sehari. Jadi, untuk sarapan mungkin sebuah apel atau jeruk dan semangkuk sayuran campur sudah cukup untuk disebut sebagai sarapan pagi yang sehat
  2. Susu dan produknya disarankan diminum sebanyak 2 hingga 3 gelas sehari untuk orang dewasa. Hingga Anda cukup meminum segelas susu tiap hari. 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *