Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Bahan-bahan Dapur

Rambut rontok merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi momok bagi pria maupun wanita. Anda bisa melihat Pangeran Charles dan Putranya, Pangeran William sebagai salah satu contoh Pria yang mengalami kebotakan akibat kerontokan rambut menurun. Masalah kerontokan rambut tentu akan menjadi masalah bagi Anda yang suka tampil menarik. Anda pasti akan ribut mencari tips perawatan rambut rontok dan tidak masalah dengan harga obat penumbuh rambut yang mahal. Nah, pada kesempatan kali ini, Kami akan membagi tips murah meriah cara merawat rambut rontok dengan bahan-bahan dapur.

Setelah membaca tips kesehatan rambut: cara merawat rambut rontok dengan bahan dapur ini, Anda dapat diharapkan mampu melakukan sendiri perawatan rambut rontok di rumah dengan biaya yang cenderung murah. Tips ini juga dapat Anda gunakan untuk menjaga kesehatan rambut Anda agar tetap sehat menarik seperti rambut para artis.

Baca Juga : Tempat Outbound di Puncak Bogor

Cara Merawat Rambut Rontok Dengan Bahan-bahan Dapur

Merawat Rambut Rontok dengan Air Cucian Beras

Anda tidak akan menyangka bahwa air cucian beras yang biasa Anda buang begitu saja dapat menyelamatkan rambut indah Anda dari kerontokan. Beras sendiri telah lama menjadi rahasia pakar kecantikan dan kesehatan rambut dalam mencegah kerontokan rambut dan menjaga kesehatan dan keindahan rambut.
Air cucian beras dikenal mengandung berbagai antioksidan yang mencegah radikal bebas merusak rambut Anda. Air cucian beras juga disebut mengandung salah satu gula alkohol yakni inositol yang memiliki khasiat mengembalikan kekompakan helai rambut hingga kerontokan dapat dicegah. Nutrisi dan vitamin yang terlarut dalam air cucian beras juga dapat memicu pertumbuhan rambut baru hingga air cucian beras dapat berfungsi sebagai obat penumbuh rambut alami

Cara Membuat Obat Penumbuh Rambut Dengan Air Cucian Beras

Nah, pada section ini Anda akan membuat sendiri tonik perawat dan penumbuh rambut alami dengan bahan air cucian beras. Cara membuat obat penumbuh rambut dengan air cucian beras adalah sebagai berikut:
  1. Siapkan sebuah wadah tertutup untuk menampung air cucian beras
  2. Siapkan sejumlah beras sesuai kebutuhan atau cukup gunakan beras yang akan Anda masak hari ini
  3. Bersihkan beras tersebut secara manual dari kotoran dan genangi dengan air dingin secukupnya. Cucilah beras seperti biasa namun jangan sampai dibuang
  4. Tampung air cucian beras tersebut pada wadah yang Anda siapkan. Jika Anda takut ada kotoran yang masih terlarut, saringlah air cucian tersebut
  5. Setelah air beras tertampung, Anda dapat langsung mengaplikasikannya pada rambut Anda secara merata sambil dipijat lembut pada bagian yang mengalami kerontokan atau kebotakan
  6. Setelah Anda merasa rambut Anda cukup basah, sungkupkan handuk bersih pada rambut dan diamkan beberapa menit (5-10 menit)
  7. Setelah 5-10 menit, Anda dapat mencuci rambut Anda seperti biasa untuk menghilangkan kesan lengket air cucian beras pada rambut
Tonik ini dapat Anda modifikasi dengan menambahkan parutan kulit jeruk, bunga maupun herbal wangi untuk memberikan aroma wangi dan segar pada rambut Anda selepas menggunakan obat rambut alami ini.

Merawat Kerusakan Rambut Dengan Pala

Biji pala merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki khasiat besar disamping penggunaan utama sebagai bumbu dapur. Biji pala mengandung berbagai jenis vitamin dan nutrisi yang dapat membantu serta memicu pertumbuhan rambut. Kandungan minyak atrisi dari pala dapat menjadi antimikrob yang mencegah bakteri dan cendawan perusak rambut tumbuh dan membuat kerontokan. Kandungan minyak ini juga dapat menjadi pelembab alami dan membuat rambut kuat, hitam mengkilau.

Membuat Tonik Rambut Dari Bubuk Pala

  1. Siapkan sedikit air dingin dan bubuk pala secukupnya.
  2. Campurkan sejumlah bubuk pala dengan air hingga membentuk larutan yang tidak terlalu pekat
  3. Aplikasikan larutan bubuk pala tersebut seperti mengaplikasikan tonik rambut dari beras pada rambut Anda yang mengalami kerontokan
  4. Diamkan sejenak dengan menutup rambut menggunakan handuk dan bilas dengan air dingin setelah 5 hingga 10 menit
  5. Anda juga dapat menggunakan minyak biji pala untuk mendapat hasil yang lebih maksimal

Merawat Rambut Rusak dan Rontok dengan Santan Kelapa

Julukan kelapa sebagai tumbuhan serba guna memang tepat diberikan pada tumbuhan dari kelompok monokotil ini. Selain sebagai bahan pangan dan papan, kelapa juga memiliki potensi medis sebagai obat tradisional maupun sebagai bahan terapi kesehatan, termasuk terapi kesehatan rambut.
Kelapa memiliki vitamin E dan beberapa lemak baik yang dapat mencegah kerontokan rambut dan membuat rambut tumbuh subur dan sehat menarik. Kandungan niasin dan asam folatnya juga dapat meningkatkan sirkulasi darah hingga bagian kulit kepala mendapat cukup nutrisi dan oksigen untuk menyokong kebutuhan energi saat pertumbuhan rambut berlangsung.

Cara Merawat Rambut Rontok dan Rusak dengan Santan Kelapa

  1. Siapkan sebutir kelapa yang sudah cukup tua, kupas kulit arinya dan cuci bersih
  2. Potong-potong kelapa dan haluskan beberapa potong dengan food processor dan saring ampasnya
  3. Oleskan santan kental yang diperoleh pada rambut dan kulit kepala sambil dipijat perlahan hingga merata.
  4. Biarkan selama beberapa saat (15 hingga 30) dan bilas perlahan dengan air untuk membersihkan sisa santan kelapa
  5.  Keringkan secara kering angin rambut Anda, jangan gunakan hair dryer

Kopi Sebagai Bahan Perawat Rambut Rontok Alami

Anda munkin mengenal kopi sebagai stimulus dengan kandungan kafeinnya. Tapi, mungkin hanya beberapa diantara Anda yang mengetahui bahwa kopi merupakan salah satu bahan-bahan dapur yang dapat mengurangi kerontokan rambut sekaligus berfungsi sebagai obat rambut alami.
Menurut jurnal yang diterbitkan oleh  International Journal of Dermatology oleh Fischer dkk (2007), kafein dalam kopi dapat memicu aktivitas folikel rambut untuk tumbuh lebih cepat (jurnal dapat diakses disini: Effect of Caffein on Human Hair Follicles). Meski harus menggunakan kafein dengan dosis tinggi, Anda dapat menggunakan kopi pekat dingin sebagai masker rambut. Dengan pemakaian yang teratur dan sabar, kopi mungkin dapat membantu Anda mendapatkan kembali rambut sehat menarik yang dulu Anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *